Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APAKAH ITU MANAJEMEN ?

Kita sering mendengar orang berkata tentang manajemen. Aku pun juga sudah sangat bosan, karena terngiang-ngiang kata kata itu. Aku dulu kuliah di fakultas manajemen, hampir semua mata kuliah yang harus kutempuh berbau manajemen. Setelah aku lihat berbagai referensi sebenarnya secara etimologis kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561), maneggiare yang berarti "mengendalikan," terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti "tangan". Lalu bahasa Perancis kuno mengadopsinya dari bahasa Inggris sehingga menjadi kata ménagement, yang memiliki arti "seni melaksanakan dan mengatur.". Namun demikian manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. 
Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Sependapat dengan Mary Parker Follet Lawrence A. Appley mengatakan bahwa manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. 
Menurut Oey Liang Lee, manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian,penyusunan,pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sedangkan Menurut James A.F Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan. 
Harold Koontz dan Cyril O'Donnel mengatakan bahwa manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. 
Henry Fayol menyebutkan ada lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.
Berdasarkan pendapat dari berbagai tokoh tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. Kalau pendapat dariku sendiri sebenarnya manajemen adalah bagaimana cara kita "mengelola " atau istilahnya mengatur setiap apa yang kita akan lakukan.